Mengajar mesti penuh
dengan ide yang cetar, agar perhatian murid tidaklah ambyar.
Alih-alih demi stabilitas kenyamanan yang terjamin pada suasana kelas yang ada,
maka sang guru pun dituntut untuk selalu berinovasi dan menghadirkan solusi
terbaik, ide terbarunya guna menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh
peserta didik selama Kegiatan Belajar Mengajar berlangsung.
Salah
satu terobosan terbaru yang ada dalam buku ini adalah dengan menggunakan media
pembelajaran STUPA (Strategi Tumpeng Pancasila). Meskipun masih terdengar masih
asing di telinga siapa pun, namun tidak berlebihan jika para pembaca berhenti
sejenak untuk meluangkan waktu, menelaah lebih dalam kehebatan strategi yang
ditawarkan ini.
Dalam
kenyataannya, STUPA mampu menyedot perhatian murid lebih besar terhadap
penyampaian Mata Pelajaran PPKn. Mereka dibuat akan jauh lebih paham terhadap
pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam praktik sehari-hari. Sistem tanya-jawab
yang mengasyikkan, menjadikan peserta didik merasa dekat dengan Pancasila.
Walaupun
STUPA merupakan teknik permainan yang mendidik, akan tetapi proses pendalaman
materi yang disimulasikan terasa begitu mengenai sasaran serta sangat membekas
dalam hati sanubari mereka. Sehingga, contoh-contoh nyata telah terindeks
dengan apik serta lebih mudah ditiru, dihafalkan, serta dipraktikkan dalam
perilaku sehari-hari.
Posting Komentar